Atasi Serangan Asma, 3 Cara Ini Nggak Perlu Obat

Health Lifestyle

Jakarta — Asma bukan penyakit yang bisa kamu abaikan begitu saja. Kalau pilek bisa sembuh sendiri dengan meningkatkan daya tahan tubuh, penderita asma yang parah harus membawa obat kemana-mana.

Pasalnya, asma bisa saja kambuh kapan pun. Gangguan pernapasan yang ditandai dengan sesak napas ini kadang kambuh kalau penderita kedinginan. Atau terlalu lelah.

Berbagai pemicu asma kambuh bisa saja muncul tanpa bisa kamu cegah. Obat asma, baik yang semprot atau minum, memang harus selalu berada padamu. Tapi, bagaimana kalau obat habis atau nggak bawa?

Senarnya ada banyak cara untuk menanggulangi asma yang kambuh tanpa minum obat. Berikut 3 cara alami menanggulangi asma.

 

1. Duduk Tegak

Saat asma kambuh, kamu bisa duduk dengan tegak. Dengan begini, kamu bisa bernapas lebih lega karena bagian dada tak tertekan oleh tubuh yang bungkuk. Kalau asma kambuh, jangan berbaring karena bisa membuat saluran pernapasan semakin tersumbat.

 

2. Tarik Napas Panjang

Ketika asma menyerang, bernapas menjadi sangat susah. Sesak hingga tiap kali menarik napas pasti berbunyi. Tapi, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dan panjang.

Cara ini mungkin sulit kamu lakukan, tapi sangat berguna dan bisa meredakan gejala yang timbul.

3. Teh Hangat

Teh hangat juga bisa kamu minum saat asma kambuh. Setelah mencoba menarik napas dalam-dalam dan panjang, kamu mungkin sudah merasa lebih baik. Namun, masih agak sulit untuk bernapas.

Tapi, kamu nggak perlu panik. Coba minum teh hangat perlahan-lahan. Teh hangat bisa membantu membuka saluran pernapasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *