Demonstrasi Hari Buruh dan Pandemi Covid-19

Internasional News

May Day atau Hari Buruh biasanya ditandai oleh demonstrasi di kota-kota di seluruh dunia untuk menuntut hak yang lebih besar dan kondisi kerja yang lebih baik. Tahun ini, penutupan wilayah di banyak negara berarti para demonstran terpaksa tinggal di rumah.

Hari Buruh International 2020 merupakan kesempatan untuk berterima kasih kepada pekerja garis depan yang mempertaruhkan nyawa mereka, kata Sharan Burrow, sekretaris jenderal Konfederasi Serikat Buruh Internasional.

“Para pekerja yang pemberani di bidang kesehatan, yang setiap hari bekerja bersama yang lainnya di tempat perawatan, mempertaruhkan kesehatan dan keselamatan mereka, dan keluarga mereka, untuk menyelamatkan nyawa,” kata Burrow kepada VOA jaringan Suara.com.

Sementara itu, Serikat pekerja batal demo hari ini. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan memperingati Hari Buruh tanpa turun ke jalan pada 1 Mei 2020. Alasannya karena wabah corona.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan para buruh akan melakukan kegiatan seperti bakti sosial dan penggalangan dana untuk membantu buruh terdampak wabah COVID-19 pada peringatan Hari Buruh tahun ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *