LSM GMBI Ke DPR RI Tolak dan Batalkan RUU HIP

Nasional News

Jakarta Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) melakukan unjuk rasa di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, sebagai bentuk atas Penolakan Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Aksi unjuk rasa ini, bagian dari lanjutan aksi unjuk rasa yang sudah berlangsung menggelar aksi demo besar-besaran LSM GMBI secara serentak di seluruh provinsi dan kab/kota di Indonesia.

 

 

Dalam orasinya di depan pintu Selatan DPR RI Ketua Umum sekaligus pendiri LSM GMBI M. Fauzan Rachman SE. Alasan me nolak rancangan undang undang HIP LSM GMBI M. Karena RUU HIP ini akan mendekradasi nilai nilai pancasila.

“Pancasila itu tidak bisa dibuat dalam produk hukum, karena Pancasila adalah sumber dari segala hukum bagi bangsa Indonesia,” ucapnya Kamis pagi (16/07/2020).

Menurutnya, jika Pancasila menjadi Undang- Undang, lalu tiba tiba ada sekelompok orang menggugat ke Mahkamah Konstitusi atau ke Mahkamah Agung lalu tuntutannya di kabulkan, tentu jadi bumerang.

“Inilah yang kita takutkan, bisa hilang Pancasila, dan itu sama seperti membubarkan negara, ” tegasnya.

Karena itu, GMBI mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjaga, Pancasila sebagai dasar negara RI.

Sementara humas tim perumus makalah tolak RUU HIP Drs.H. Idat Mustari, SH mengatakan bahwa pergerakan ke DPR RI hari ini sudah memberitahukan melalui surat tertulis beberapa hari yang lalu ke semua Instansi dan lembaga terkait termasuk Pihak Kepolisian.

“Surat sudah kami kirimkan ke DPR RI yang ditembuskan ke Presiden dan Wakil Presiden RI, Kepala Staf Presiden, Menteri Polhukam, Menkumham, Mendagri, Kapolridan Ka BIN, ” kata Idat.

Dirinya berharap, Tuntutan dari keluarga besar GMBI terhadap Panja RUU HIP segera di stop.

Jika keinginan LSM GMBI dalam beraudensi dengan DPR RI Kamis (16/07/2020) tidak direspon positif, maka tanggal 21 Juli 2020 seluruh keluarga besar GMBI se Indonesia ke DPR RI untuk melakukan aksi besar-besaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *